Putra sulung dari Bapak Ahda Syahdin, S.Sos dan Ibu Zuriati yang bernama Mario Orlando dengan panggilan akrab Super Mario atau Mario. Mario lahir pada hari minggu pada tanggal 6 April 1997 di Payakumbuh. Kini pada umur 22 Tahun Mario telah berhasil menyelesaikan studinya di jurusan Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas.

Alhamdulillah pada 22 Februari 2020 saya Nani Sukma Putri Pratama telah melaksanakan wisuda bersama rekan-rekan yang lainnya. Pada hari itu pula saya merasa begitu bersyukur dan merasakan betapa jalan yang direncanakan Allah untuk saya merupakan jalan yang terbaik.

Kenapa saya bisa berpikir begitu? Inilah beberapa alasannya.

Pertama, saat pendaftaran kuliah melalui jalur SNMPTN di tahun 2015 saya memilih jurusan kedokteran pada pilihan pertama. Tapi, saya tidak berhasil lulus di jurusan tersebut. Saat SBMPTN saya mencoba kembali memilih kedokteran sebagai pilihan pertama dan mengambil sistem komputer sebagai pilihan kedua. Saya ingat sekali dalam doa saya memohon kepada Allah untuk diluluskan di jalan yang terbaik menurut Allah. Hasil akhirnya saya lulus di jurusan sistem komputer. Alhamdulillah.

Kedua, saya merasakan bahagia bersama teman-teman dan rekan-rekan yang saya temui di jurusan sistem komputer. Dan setelah mendengar dan melihat kehidupan yang dijalani oleh anak-anak kedokteran saya merasa sepertinya itu bukan bidang yang akan saya sukai. Namun, saya bisa menemukan hal yang saya sukai dijurusan ini. Saya seperti terjebak, tetapi dijalan yang benar.

Ketiga, bagi sebagian orang mungkin mereka berharap untuk lulus kurang dari 4 tahun. Saya malah bersyukur lulus selama 4 tahun 5 bulan . Karena, jika saya wisuda pada periode sebelumnya saya tidak akan menjadi lulusan terbaik di prodi Sistem Komputer ini. Saya juga tidak akan melihat betapa bangganya ibu saya dengan penghargaan sebagai lulusan terbaik yang saya dapatkan.

Setelah semua perjuangan menyelesaikan studi ini, ada satu pelajaran berharga yang saya dapatkan. Yakni segala hal yang terjadi di dalam hidup adalah jalan yang telah Allah pilihkan untuk kita yang tidak mungkin salah sebab Allah adalah perencana terbaik. Alhamdulillah. (NSPP)

Hanifah Azra Lubis atau yang akrab disapa Azra merupakan anak tertua dari tiga bersaudara, putri dari Ir. Abdul Hakim Lubis dan Desri Hayati. Lahir di Padang, 19 Juni 1998 dan kini merupakan mahasiswi jurusan Sistem Informasi angkatan 2016, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas.

Menjadi lulusan terbaik yang dapat menyelesaikan perkuliahan dalam waktu 3 tahun 5 bulan dengan IPK 3,76 merupakan pencapaian yang tak pernah terbayangkan sebelumnya dan sangat di syukuri. Berkuliah di jurusan yang merupakan perpaduan antara pemrograman, bisnis, manajemen, matematika, dan statistika serta jadwal kuliah yang padat menuntutnya untuk selalu giat belajar dan melakukan yang terbaik. Memiliki prinsip “Excellence is not being the best, it is doing your best” yaitu untuk selalu melakukan usaha yang terbaik dalam segala hal. Hal itu terbukti dengan terpilihnya menjadi Mahasiswa Berprestasi Akademik 1 Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi pada tahun 2018. Selain itu, pada awal tahun 2019 juga menjadi perwakilan FTI untuk mengikuti Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) tingkat Universitas.

Azra memulai pendidikan pertamanya di TK Adzkia pada tahun 2003 dan melanjutkan pendidikan sekolah dasar di SD Semen Padang pada tahun 2004. Selama mengenyam pendidikan di sekolah dasar, selalu mendapat juara kelas sehingga dapat mengantarkannya untuk bersekolah di SMP favorit yaitu SMP Negeri 8 Padang pada tahun 2010. Perjuangan tidak berhenti disana, bertekad untuk melanjutkan SMA di  SMA Negeri 1 Padang dan hal itu pun terwujud pada tahun 2013. Setelah tamat SMA, diterima di Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN.

Selama kuliah, Azra mendapat berbagai pengalaman berharga yang menuntunnya menjadi pribadi seperti saat ini. Pada akhir tahun 2017,terpilih menjadi delegasi untuk mengikuti program Leadepreneur Summit di Tokyo, Jepang mengalahkan ribuan peserta lainnya. Ia juga berkesempatan mengikuti program Credit Earning yang diadakan Universitas Andalas di Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan selama dua bulan di tahun 2018. Kegiatan yang dilakukan selama di Korea yaitu Internship (Magang) di Mobile Grid Computing (MGC) Lab. Kemudian, pada tahun 2019,  terpilih untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Osaka, Jepang selama satu bulan. Selain itu, Azra juga kerap diminta untuk menjadi pembicara di beberapa acara di tingkat Jurusan, Fakultas, maupun Universitas. Di bidang organisasi, Azra juga merupakan anggota aktif BEM KM FTI Unand dari tahun 2017 hingga 2019.

Di akhir perkuliahannya, Azra berhasil menyelesaikan skripsi dalam waktu empat bulan dan meraih gelar Sarjana Komputer dengan skripsi yang berjudul “Pembangunan Business Intelligence pada Toserba Karyawan Semen Padang Berbasis Dashboard System” dan mendapat nilai A pada mata kuliah Tugas Akhir. Hal tersebut dapat di raih berkat kerja kerasnya dan atas izin Allah serta ridho kedua orang tua yang selalu mendukungnya. Dedikasi dosen juga memiliki andil yang besar atas segala hal yang diraihnya saat ini. Atas berkah dan rahmat Allah SWT beliau juga terpilih sebagai lulusan terbaik Jurusan Sistem Informasi sekaligus menjadi lulusan terbaik Fakultas Teknologi Informasi pada wisuda 1 tahun 2020. (HAL)

Friday, 28 February 2020 10:39

Seleksi Beasiswa Bank Indonesia 2020

Bank Indonesia kembali akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Andalas tahun 2020. Kriteria umum mahasiswa penerima beasiswa:

  1. Sekurang Kurangnya Telah Menyelesaikan 4 (empat ) semester dan atau telah menempuh 40 (empat puluh ) Satuan Kredit Semester (SKS).
  2. Memiliki IPK Minimal 3.00 Skala 4
  3. Berasal dari latar belakang ekonomi kurang mampu
  4. umur Tidak Lebih dari 23 Tahun pada saat menerima beasiswa
  5. Tidak sedang menerima beasiswa atau dan berada dalam status ikatan dinas dari lembaga / instansi lain
  6. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat
  7. membuat personal resume dan motivation letter
  8. Memperoleh rekomendasi dari pimpinan atau pejabat perguruan tinggi
  9. Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non akademik).
  10. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indosesia Serta berpartisipasi pada semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia

Adapun syarat yang dikumpulkan ke Fakultas adalah:

  1. Transkrip nilai sementara yang ditanda tangani Wakil Dekan I
  2. Surat Keterangan kurang mampu dari Lurah/Wali Nagari
  3. Bukti Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat (Surat Keterangan/sertifikat)
  4. Surat Rekomendasi dari tokoh akademik/nonakademik
  5. Personal resume dan motivation letter
  6. Surat Pernyataah mengelola dan mengembangkan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indosesia Serta berpartisipasi pada semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesi

Berkas di kumpul ke bagian Akademik & Kemahasiswaan paling lambat tanggal 9 Maret 2020

Padang (Unand) - Pendaftaran Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(ON MIPA), Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) tingkat Universitas Andalas tahun 2020 resmi dibuka.

Untuk jadual ON MIPA dimulai tanggal 17-27 Februari 2020 melalui link pendaftaran bit.ly/ONMIPAUnand2020.

Seleksi tahap pertama akan dilaksanakan di Gedung F pada 29 Februari 2020 dan hasil seleksi akan di umumkan pada 4 Maret 2020.

Adapun persyaratan peserta ON MIPA yakni mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 atau Diploma bidang ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau yang relevan, maksimal semester 8, terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD-DIKTI).

Baca Selengkapnya

Padang (Unand)- Universitas Andalas dan PT. Multipolar Technology, Tbk jalin kerjasama terkait pembuatan aplikasi. Kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kesapahaman (MoU) antara kedua institusi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada Jum’at (21/02) di Ruang Rapat Senat Kampus Unand Limau Manis.

Naskah kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Presiden Direktur PT. Multipolar Technology, Tbk Wahyudi Chandra dan Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH yang merupakan Rektor Universitas Andalas. Selain itu turut hadir Achmad Fakhrudin, Electronic Channel Solutions Division Head, harda Elnada , Switching Solution Head dan Susetyadi Tri Pranarso, Project & Quality Management Head PT. Multipolar Technology, Tbk serta jajaran pimpinan Unand mulai dari Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Biro, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unand. 

Baca Selengkapnya

Monday, 24 February 2020 10:40

Penyerahan Ijazah pada Wisuda I 2020

Padang (FTI Unand) - Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas kembali mewisuda lulusan Sarjana Komputer (S.Kom) sebanyak 25 Orang wisudawan, pada Sabtu (24/2) di Ruang Seminar Gedung F Kampus Unand Limau Manis.

Tuesday, 11 February 2020 14:58

Daftar Nama Penerima Beasiswa LAZ

Bagi mahasiswa yang tercantum namanya dalam daftar di bawah disilahkan menandatangani berkas penerimaan beasiswa dimulai pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020 dan wajib membawa kartu identitas (KTP,KTM,SIM) di ruangan LAZ lantai II gedung rektorat Unand.

Loading...

Download 

Thursday, 06 February 2020 15:32

Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI)

Wednesday, 05 February 2020 13:55

Program Credit Earning (CE) Tahun 2020

Diberitahukan kepada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas yang berminat mengikuti Program Credit Earning (CE) Tahun 2020, berikut Jadwal dan persyaratannya :

Loading...

Download