Diberitahukan kepada Mahasiswa/i Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas, Berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor 6 Tahun 2021 terkait tata cara pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester Ganjil T.A 2021/2022 bagi mahasiswa Diploma III dan Sarjana yang terdampak bencana non alam pandemi Corona Virus Disease 19, maka bagi mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19, dapat mengajukan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai Surat Edaran Rektor (Klik Disini) yang mengacu kepada Peraturan Rektor Universitas Andalas Nomor I Tahun 2021 (Klik Disini). Surat permohonan dapat didownload disini. dan ditujukan ke alamat email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Batas waktu pengajuan permohonan UKT ini paling lambat 26 Juli 2021. 

Demikian hal ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas yang berminat mengikuti Seleksi Beasiswa Bakti BCA Periode 2021/2022 dengan persyaratan sebagai berikut :

1. IPK Minimal 3.00

2. Mahasiswa berada di Semester 5 : tidak terbuka bagi semester 7 ke atas

3. Usia tidak melebihi 25 tahun dan berperilaku baik

4. Memiliki kriteria kurang mampu secara ekonomi 

5. Tidak bekerja dan tidak berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi/yayasan lain

6. Tidak sedang memperoleh beasiswa dari badan/lembaga/instansi/yayasan lain

5. Bersedia mengikuti seleksi dan seluruh rangkaian pembinaan yang diselenggarakan selama periode beasiswa

6. Wajib mengisi link Pendaftaran : https://bit.ly/pendaftaranbaktibca2021

7. Melampirkan KTM, KIM, dan foto diri

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Padang – Bem KM FTI mengadakan acara Webinar pada tanggal 9 Juli 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tema “Diskusi Terbuka : Pendirian Prodi Informatika menjadi Inovasi atau Mengundang Kontroversi”  yang menghadirkan Ketua TIM Pendirian Prodi Informatika FTI Unand Dr. Wahyudi, MT sebagai narasumbernya.

                                     

Acara ini di moderatori oleh pengurus BEM KM FTI yaitu Daffa Iklil dan dihadiri hampir semua pengurus dan  juga mahasiswa FTI. Semua peserta mendengarkan pemaparan dari ketua tim tentang pentingnya prodi informatika bagi FTI UNAND dan UNAND sendiri.

Dalam paparannya Dr. Wahyudi, MT menjelaskan bahwa dengan pendirian prodi Informatika ini akan memperkuat posisi FTI sebagai Pioner terdepan pengembangan Teknologi Informasi di UNAND. dijelaskan juga bahwa Informatika, Sistem Informasi dan Teknik komputer ibarat sebagai saudara yang bersinergi.

Lebih lanjut Dr. Wahyudi, MT menjelaskan tentang kurikulum pada prodi Informatika, apa saja kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa yang berada di bawah rumpun Ilmu Komputer, serta peluang kerja bagi lulusan di program studi yang berada dibawah rumpun ilmu Komputer ini. Tampak dalam acara ini mahasiswa terdengar antusias dan banyak memberikan pertanyaan-pertanyaaan seputar prodi Informatika dan lokasi prodi Informatika itu sendiri nantinya.

Semoga pendirian prodi Informatika FTI Unand cepat terlaksana dalam waktu dekat ini.

Padang – (FTI Unand) pada tanggal 6 Juli 2021, melakukan penandatangan MoA bersama PT.SmartBI Solusi Inovasi secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kajur, Sekjur, Koordinator Tata Usaha, Dosen, serta mahasiswa di lingkungan FTI Unand.

Dekan FTI Unand Dr. Ahmad Indrapriyatna, MT dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada PT. SmartBI Solusi Inovasi yang sudah mau menjalin kerja sama dengan kami salah satunya dalam hal perekrutan alumni dari FTI.  “Dalam kesempatan ini kami juga berharap PT. SmartBI mau memberikan apa saja kekurangan yang ada dari alumni kami serta kelebihan yang ada agar bisa ditingkatkan lagi dan mempertahankannya”. Ujar Dekan.  

Tak lupa pada kesempatan ini Bapak Hasnur Ramadhan selaku Co-founder & Director PT SmartBI Inovasi Solusi memberikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan pengalaman-pengalaman Rekrutmen SmartBI Inovasi Solusi termasuk di wilayah Sumbar.

Setelah penandatanganan MoA, Acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema "Data-centric Paradigm: Leverage Data and Analytics for Maximum Business Value" dan berbagi pengalaman kerja di bidang “Enterprise IT” yang disampaikan oleh Hasnur Ramadhan (Co-founder & Director PT SmartBI Inovasi Solusi) dan Shadri Halim (Senior Technical Lead PT SmartBI Inovasi Solusi).

Semoga kerjasama yang telah terjalin antara Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas dengan PT SmartBI Inovasi Solusi berjalan lebih baik lagi.

Sehubungan dengan pelaksanaan Wisuda III Tahun 2021 dalam masa Pandemi Covid-19, bersama ini disampaikan pelaksanaan dan persyaratan wisuda sebagai berikut: 

A.     Pelaksanaan

1.   Penyelenggaraan Wisuda III Program Diploma Tiga, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister,  dan   Doktor dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 7 Agustus 2021  di tingkat Universitas

2.     Prosesi Wisuda II dilaksanakan secara online sama seperti Wisuda I dan II Tahun 2021.

B.     Persyaratan Wisuda

 1.      Mahasiswa yarg berhak mengikuti Wisuda III Tahun 2021 adalah:

a.       yang sudah dinyatakan lulus secara akademik dan memenuhi persyaratan lainnya.

b.      berstatus aktif/terdaftar sampai pada semester terakhir ketika dinyatakan lulus.

c.       tidak memiliki tunggakan UKT, biaya-biaya lain, dan tanggungan persyaratan akademik lainnya.

d.      belum pernah diwisuda (belum pernah terbit ijazahnya) pada periode sebelumnya.

  2.      Selama Pandemi Covid-19 peserta wisuda dibebaskan biaya pendaftaran (bagi yang terlanjur membayar akan dikembalikan) 

  3.      Persyaratan pendaftaran wisuda ke Fakultas mencakup :

 1.     Surat Keterangan Bebas Laboratorium dan Pustaka Jurusan masing-masing, diserahkan secepatnya agar bisa terdaftar secara   online

 2.     Untuk calon wisudawan III Tahun 2021 yang sudah didaftarkan oleh admin fakultas silahkan memverifikasi data di laman        wisuda.unand.ac.id dengan username dan password portal akademik masing-masing.

 3.     Untuk berkas wisuda yang dikumpulkan ke Fakultas setelah verifikasi data online sebagai berikut :

a.     Surat Pernyataan bermaterai sebanyak 1 rangkap

b.     Draft Ijazah sebanyak 1 rangkap

c.     Foto Warna ukuran 4 x 6 dan 3x 4 sebanyak 2 lembar

Berkas dikumpul paling lambat tanggal 1 Agustus 2021 dan softcopy berkas dalam format pdf dikirim via email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  4.     Syarat Pengambilan Ijazah sebagai berikut :

a.     Surat Keterangan Pengambilan Ijazah dapat di download disini 

b.     Kliring Keuangan / Surat keterangan Bebas Biaya UKT

c.     Kliring Pustaka Pusat / Surat keterangan bebas biaya Pustaka

C.     Pendaftaran Wisuda

Seluruh calon peserta Wisuda III Tahun 2021 melakukan registrasi secara online melalui laman http://wisuda.unand.ac.id sampai tanggal 30 Juli 2021 pukul 23.55 WIB.

 

 

 

 

 

 

Padang (FTI Unand) - Sabtu (29/5) merupakan hari bahagia bagi 18 Orang Wisudawan FTI Unand dimana mereka menjalani Prosesi Wisuda periode ke-2 Tahun 2021 yang digelar di  Tingkat Universitas meski masih digelar secara Daring.

Pada Wisuda ke-2 ini jumlah wisudawan dari Fakultas Teknologi Informasi hanya 18 Orang yang terdiri dari 5 Orang Wisudawan dari Jurusan Teknik Komputer serta 13 Orang lagi berasal dari Jurusan Sistem Informasi, jumlah wisudawan ini lebih sedikit dari pada jumlah wisudawan pada periode ke-1 lalu. Dengan begitu Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas sudah menghasilkan lulusan dari periode ke-1 Tahun 2013 s/d Wisuda ke-34 Tahun 2021 sebanyak 794 Orang.

Untuk lulusan terbaik pada Wisuda ini diraih oleh Muhammad Abdul Hadi, S.T. dengan perolehan IPK 3,74 predikat kelulusan “Sangat Memuaskan” berasal dari Jurusan Teknik Komputer ia juga merupakan lulusan terbaik untuk tingkat Fakultas.  Sedangkan lulusan terbaik untuk Jurusan Sistem Informasi diraih Oleh Sri Rahmadhani, S.Kom IPK 3,66 dengan predikat kelulusan “Sangat Memuaskan”.

Selamat wisuda kepada para wisudawan/wati, semoga ilmu yang telah diperoleh selama ini dapat teraplikasikan dengan baik dalam hidup di masyarakat dan dunia kerja. (*3a)

Admin Web FTI-UA

Monday, 31 May 2021 11:14

FTI Kunjungi Fakultas KESMAS UNAND

Padang – Kamis (28/5) mulai pukul 09.00 s/d 11.30 WIB, FTI Unand melakukan kunjungan ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas terkait pembahasan  kerja sama yang akan dilakukan antara FTI dan Kesmas Nantinya.

Dalam Kunjungan ini Dekan, Wakil Dekan dan Tim Penyusun Proposal Prodi Informatika juga meminta masukan-masukan dari Fakultas Kesmas Unand terhadap mata kuliah kesehatan yg akan di masukkan kedalam Kurikulum Informatika.

                        

Semoga dengan adanya kunjungan ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik anatara Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. (MR)

Padang – Kamis (27/5) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengadakan Webinar Bedah Proposal Pendirian Prodi Informatika secara daring via Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumbernya Prof. Dr. Dwi Hendratmo Widyantoro dari kepala KK Informatika ITB dan Guru besar ITB.

Webinar yang dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kajur, Sekjur, serta Dosen dilingkungan Fakultas Teknologi Informasi dibuka langsung oleh Bapak Dekan Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, MT dan dimoderatori oleh Dr. Wahyudi, S.T, M,T selaku Ketua Tim Pendirian Prodi Informatika di FTI UNAND.

Dalam penyampaiannya Prof. Dr. Dwi Hendratmo Widyantoro memberikan masukan-masukan terhadap proposal pendirian Prodi Informatika di FTI UNAND baik dari segi konten, keunikan dan juga kekhasan yang sudah terlihat pada proposal. Pada kesempatan ini juga diadakan tanya jawab oleh anggota Tim dengan Prof. Dr. Dwi Hendratmo Widyantoro.

Semoga dengan adanya Webinar Bedah Proposal ini pendirian Prodi Informatika di FTI UNAND dapat berjalan dengan lancar.