""
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap T.A 2023/2024 KLIK DISINI
Toggle Bar

                                                        

Sehubungan dengan adanya keringanan pembayaran UKT 50% dan Penyesuaian UKT Mahasiswa S1 Reguler pada Semester Ganjil T.A 2024/2025 ini, maka bagi Mahasiswa FTI UNAND yang ingin mengajukan permohonan keringanan pembayaran UKT 50% & Penyesuaian UKT Semester Ganjil T.A 2024/2025 tersebut. Silahkan mengisi FORM ini.

Adapun Berkas yang diserahkan ke Fakultas dan diupload sebagai berikut :

I. KERINGANAN PEMBAYARAN UKT 50% (untuk Mahasiswa Reguler dan Mandiri Minimal Semester 9)
1. Surat Permohonan Dekan 
2. Surat Penyataan Hanya Mengambil 6 SKS
3. Transkrip Nilai Akademik yang di tandatangani Ketua Departemen
 

 

II. PENYESUAIAN UKT MAHASISWA S1 REGULER (Penyesuaian UKT diberikan 1 kali dalam masa studi kepada mahasiswa S1 Reguler yang aktif akademiknya terhitung mulai semester 3 )
1. Surat Permohonan Dekan Mengetahui Ketua Departemen (Download
2. Surat Penghasilan Orang Tua ditandatangani Bendaharawan Gaji (PNS/Karyawan Swasta)
3. Surat Penghasilan Orang Tua diketahui Lurah (Wiraswasta/Buruh/Petani)
4. Foto rumah (tampak dalam, depan dan samping)
5. Foto copy tagihan listrik dan air 2 bulan terakhir.
6. Foto copy Kartu Keluarga
7. Fotocopy KTP Ortu / Wali
 
Berkas permohonan juga dikirim ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. format file pdf dengan nama file (NAMA_NIM_PRODI_KATEGORI USULAN UKT) paling lambat tanggal 21 Juli 2024 Jam 16.00 WIB.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

 

 

 
Thursday, 11 July 2024 15:26

Beasiswa Dana Hibah Rajawali Tahun 2024

Diberitahukan Kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi yang ingin mengikuti Beasiswa Dana Hibah Rajawali Tahun 2024, dengan persyaratan sebagai berikut :

Mahasiswa Berprestasi di bidang akademik dan non akademik :

  1. Bidang Non Akademik

         Mahasiswa berprestasi perorangan di bidang non akademik adalah peringkat 1, 2, dan 3 pada setiap jenis lomba tingkat nasional atau internasional

      2. Siswa Berkelanjutan

      Siswa melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri pada Tahun 2024 yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri, melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dengan memperlihatkan bukti tanda diterima di Perguruan Tinggi.

         3.  IPK paling rendah 3.00

Adapun Berkas yang dikumpulkan ke Fakultas adalah :

1.     Surat Keterangan Tidak Mampu

2.     Fotocopy Rekening Tabungan atas nama pribadi calon penerima (Bank Nagari)

3.     Fotocopy Akreditas Kampus/Universitas

4.     Fotocopy Transkrip Nilai Akademik

5.     Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima Beasiswa dari pihak manapun Download disini

6.     Fotocopy Sertifikat Lomba tingkat nasional atau internasional

Berkas di kumpul paling lambat tanggal 22 Juli 2024 pukul 12.00 WIB.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Tuesday, 18 June 2024 14:33

Penyerahan Ijazah Wisuda III Tahun 2024

Padang (FTI Unand) – Pada Sabtu (15/6) kembali melaksanakan wisuda ke 3 dengan lulusan sebanyak 17 Orang yang di gelar di Ruang Seminar Gedung F.

Saat ini Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas sudah menghasilkan lulusan dari periode Wisuda ke-1 Tahun 2013 s/d Wisuda ke-51 Tahun 2024 ini sebanyak 1103 Orang.  Dengan Lulusan terbaik FTI diraih oleh Reysha Irsyalina, S.Kom. dengan perolehan IPK 3,94 predikat kelulusan “Dengan Pujian” yang berasal dari Departemen Sistem Informasi.

Perwakilan wisudawan pada Wisuda ke 3 diwakilkan oleh Rahima Tartila, S.T. untuk menyampaikan pesan dan kesan selama melaksanakan perkuliahan di FTI Unand. Sedangkan untuk perwakilan kata sambutan dari Orang Tua Wisudawan oleh Bapak Nofrizon orang tua dari wisudawan Marwan Aziz, S.Kom.

Setelah sambutan dari perwakilan wisuda acara pun dilanjutkan dengan penyampaian pidato oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi Unand Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna “saya ingin mengucapkan selamat kepada Bapak/Ibu orang tua wisudawan yang telah berhasil mengantarkan anak-anaknya menamatkan pendidikan di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Kepada para wisudawan saya  juga mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keberhasilan saudara-saudara menamatkan pendidikannya di Fakultas Teknologi Informasi ini” Ujar Dekan.

Selamat wisuda kepada para wisudawan/wati, semoga ilmu yang telah diperoleh selama ini dapat teraplikasikan dengan baik dalam hidup di masyarakat dan dunia kerja. (*3a)

 

 

Admin Web FTI-UA

Padang (FTI UNAND), 29 Mei 2024 - Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas melaksanakan penutupan acara Core3D. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Universitas Andalas

Penutupan ini dihadiri oleh seluruh juara dan peserta pameran TA yang mendapatkan nominasi. Penutupan diawali dengan laporan Ketua Pelaksana oleh Muhammad Rifqi Asy’ari (Mahasiswa Tenik Komputer 21) dan dilanjutkan dengan kata sambutan sekaligus penutupan dari Ketua Departemen Teknik Komputer UNAND, Bapak Dr. Eng Rian Ferdian M.T. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang terlibat dalam acara ini, selain itu beliau menyampaikan bahwa ini akan menjadi agenda tahunan Departemen Teknik Komputer UNAND.

Setelah penutupan acara, selanjutnya pengumuman juara dari setiap cabang lomba yang diadakan. Adapun juara loma lomba yaitu, Lomba Olimpate Komputer SMA, Juara 1 atas nama M. Siddiq Parchan ( MAN IC Pariaman), Juara 2 atas nama Muhammad Irfan ( SMA 1 Padang ) dan juara 3 atas nama Ahmad Zaki S ( SMAN 10 Padang). Untuk Lomba E Sport Juara 1 ALL Star ( UIN Imam Bonjol), Juara 2 RRQ ( Universitas Bung Hatta) dan Juara 3 ML VOX DEI ( UNAND x UPI YPTK)

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama antara panitia, tamu undangan dan seluruh peserta juara lomba. (AA)

Departemen Teknik Komputer  pada rangkaian kegiatan CORE3D sukses menggelar turnamen “Mobile Legends Bang Bang” bertajuk 'Its Time To Shine and Get Victory'. Acara yang dilaksanakan secara luring dan daring pada tanggal 25 - 29 Mei 2024 di Auditorium Universitas Andalas.

Turnamen ini dilaksanakan untuk tingkat SMA dan Mahasiswa. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- per tim, acara ini membuka 32 slot dengan ketentuan penggunaan skin bebas, semua tier/rank, mode Custom Draft Pick, sistem grup, dengan babak penyisihan hingga final menggunakan sistem Best of Three (Bo3). Jumlah peserta mencapai 135 orang yang terbagi dalam 27 tim, menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap acara ini.

Muhammad Rifqi Asy'ari, mahasiswa departemen Teknik Komputer yang juga Ketua pelaksanaan acara Core3D, mengungkapkan kebanggaannya atas kesuksesan acara ini. “Kami sangat senang dengan antusiasme peserta dan dukungan dari berbagai pihak. Turnamen ini diharapkan bisa menjadi ajang unjuk kemampuan sekaligus mempererat hubungan di antara para penggemar e-sport di Sumatera Barat,” ujarnya.

Pertandingan yang berlangsung selama dua hari ini akhirnya menghasilkan empat tim terbaik. Juara pertama diraih oleh All Star, diikuti oleh RRQ sebagai juara kedua. Posisi ketiga ditempati oleh tim VOX DEI. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa Prize Pool sebesar Rp. 2.250.000,-, e-certificate, dan profil tim mereka dipublikasikan di instagram resmi.

Dengan adanya turnamen ini, Departemen Teknik Komputer berharap dapat terus mendukung perkembangan e-sport di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan seperti ini tidak hanya menumbuhkan semangat competes sehat, tetapi juga mengasah keterampilan dan strategi yang dapat bermanfaat di berbagai aspek kehidupan. (AA)

Padang – Departemen Teknik Komputer Universitas Andalas dengan bangga mengumumkan keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Komputer CORE3D 2024 yang berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 27 dan 28 Mei 2024. Acara ini diadakan di kampus utama Universitas Andalas dan diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Sumatra Barat.

Menurut penanggung jawab kegiatan, Lola Dwi Putri (Tekkom'21), kegiatan olimpiade komputer siswa se-Sumatra Barat yang dilaksanakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2024 di Gedung seminar F dan E bertujuan untuk mengembangkan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan siswa serta menumbuhkan minat mereka dalam bidang komputer.

Olimpiade Komputer hari pertama di tanggal 27 Mei 2024 bertujuan mencari 7 finalis dengan nilai tertinggi untuk dipertandingkan kembali di babak final di hari berikutnya dari total 15 peserta yang mengikuti babak penyisihan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari berbagai sekolah di Sumatera Barat. ada yang datang dari Pesisir selatan, Solok, Padang Pariaman dan dari Padang tentunya.

Di hari berikutnya pada selasa 28 Mei 2024, 7 finalis kembali bertanding untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Hasilnya adalah M. Siddiq Parchan dari MAN IC Padang Pariaman keluar sebagai juara I di Olimpiade Komputer ini. Kemudian menyusul Muhammad Irfan dari SMA N 1 Padang sebagai juara II dan Ahmad Zaki Setiawan dari SMA N 10 Padang sebagai juara III. Berikut adalah para pemenang dari Olimpiade Komputer Core3D 2024.

Ketua Panitia CORE3D 2024, M. Rifqi Asyari (Tekkom'21), menyatakan rasa puas dan syukur atas suksesnya acara ini. "Kami berharap olimpiade ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswi SMA untuk terus mengembangkan potensi mereka di bidang teknologi informasi. Terima kasih kepada semua sponsor, peserta, dan panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini," ungkapnya. (AA)

Padang, 27 Mei 2024. Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi bekerjasama dengan BEM FTI UNAND dan UDD PMI Kota Padang menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Core3D yang diusung oleh Departemen Teknik Komputer FTI UNAND.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah, program donor darah telah diselenggarakan dengan kerjasama yang baik. Dengan diikuti oleh 41 orang yang berdedikasi, program donor darah ini telah sukses dilaksanakan. Meskipun ada penyesuaian jadwal menjadi satu hari saja, hal ini tidak mengurangi semangat dan antusiasme para peserta dalam memberikan kontribusi positif bagi sesama.

Selain itu, kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan program ini. Semoga kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima darah, tetapi juga menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut serta dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih atas dukungan dan partisipasinya, dan kami berharap agar kesuksesan Core3D terus berlanjut ke depannya. (AA)

Padang, Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi selenggarakan pameran teknologi selama dua hari, senin dan selasa (27-28/05/2024). Ide pameran ini berasal dari proyek tugas akhir mahasiswa pada Departemen Teknik Komputer yang merupakan rangkaian acara tahunan departemen, yakni Core3D.

Pameran tersebut dirancang dan diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Tugas Akhir. Pada pameran tersebut, peserta diharuskan membuat proyek elektroteknik untuk memecahkan isu yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui pameran ini, diharapkan dapat memantik kreativitas dan mengembangkan skill mahasiswa departemen Teknik Komputer,” terang ketua panitia Core3D, Rifqi Asyari (Tekkom ’21).

Pameran yang dilangsungkan di Auditorium Universitas Andalas tersebut dihadiri hingga 360 pengunjung. Pengunjung yang datang dapat menyambangi 54 stand yang disediakan. Elsha Firlie (Tekkom'22) selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan jika para pengunjung bisa ikut memberikan voting bagi inovasi Karya Tugas Akhir yang dibuat.

Di setiap booth akan dijelaskan mengenai latar belakang permasalahan yang diusung, solusi yang ditawarkan dalam bentuk produk yang dirancang, dan hal teknis seperti cara kerjanya.

Alat-alat elektroteknik yang dihadirkan berusaha membantu menyelesaikan berbagai permasalahan, seperti lingkungan, kesehatan, energi, hingga bencana. Pada pameran teknologi ini terdapat beberapa nominasi diantaranya nominasi Karya TA Terbaik, Presentasi Terbaik, Karya TA Berdampak Sosial dan Karya TA Terinovatif.

UAV Pendeteksi Keretakan Struktur Jembatan Menggunakan Pengolahan Citra Digital menjadi Karya Tugas Akhir Terbaik pada Pameran TA Core3D tahun ini. Alat ini dibuat berbasis IoT (Internet Of Things). Alat tersebut menggunakan F450 Quadcopter Drone, Respberry Pi 4 Model B untuk mengirim gambar ke Aplikasi, dan kamera yang digunakan adalah ArduCam 16 MP Autofocus.

“Kami ingin mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan dari keretakan jembatan bagi pengendara dengan membuat alat untuk mendeteksi keretakan jembatan tersebut dengan menggunakan computer vision” tutur Fathia Khaira Al Amin (Tekkom'20)

Rifqi mengatakan banyak pelajaran yang dipetik dari kegiatan pameran yang diadakan. “Saya dan teman-teman belajar mengurus penyelenggaraan pameran, mengenal sensor-sensor baru serta mengetahui dalam perancangan produknya. Ada perasaan bangga ketika peserta bisa mempresentasikan produknya ke pengunjung. Berbagai insight didapatkan ketika menyambangi booth kelompok lainnya yang memamerkan ide-ide segar dan karya inovatif. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para pengunjung, tapi juga kami sebagai panitia penyelenggara pameran,” tutupnya.

Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari pada tanggal 27 sampai 28 Mei 2024 dari jam 09.00 – 16.00 WIB. (AA)