""

Sehubungan dengan belum berakhirnya Pandemi Covid-19, Pimpinan Universitas Andalas masih memberi keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal untuk Mahasiswa mengacu kepada Peraturan Rektor Universitas Andalas Nomor I tahun 2021 tentang Uang Kuliah Tunggal bagi Mahasiswa Diploma III dan Sarjana Universitas Andalas yang Terdampak Bencana Non Alam Pandemi Corona Virus Disease 2019 tanggal 4 Januari 2021

Bagi Mahasiswa FTI UNAND yang ingin mengajukan permohonan keringanan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal Semester Genap T.A 2021/2022 Silahkan mengisi form ini

Adapun Persyaratan keringanan pembayaran UKT sebagai berikut :
1. Surat Permohonan Dekan
2. Surat Penyataan Hanya Mengambil 6 SKS
3. Transkrip Nilai Akademik
4. Fotocopy KK
5. serta Bukti Pendukung lainnya.

Berkas permohonan juga dikirim ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. format file pdf dengan nama file (NAMA_NIM_PRODI_KATEGORI USULAN UKT) paling lambat tanggal 25 Januari 2022 Jam 15.00 WIB.

Berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Peraturan Akademik Program Sarjana bahwa salah satu syarat registrasi mahasiswa baru adalah pemeriksaan kesehatan. Mengingat mahasiswa Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Angkatan Tahun 2020 dan Tahun 2021 belum melengkapi persyaratan tersebut, maka mahasiswa perlu mengikuti pemeriksaan kesehatan. Untuk itu mahasiswa Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Angkatan Tahun 2020 dan Tahun 2021 diminta untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan dengan ketentuan sesuai Lampiran Surat Edaran Nomor 1/UN16.R/SE/2022 (KLIK DISINI)

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih. 

Sehubungan dengan persiapan penyelenggaraan Wisuda I Tahun 2022, dengan ini disampaikan pelaksanaan dan persyaratan wisuda sebagai berikut: 

A.     Pelaksanaan

1.   Penyelenggaraan Wisuda I Program Diploma Tiga, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 Februari 2022.

2.    Pelaksanaan prosesi Wisuda I Tahun 2022 akan diinformasikan menyusul. 

B.     Persyaratan Wisuda

 1.      Mahasiswa yarg berhak mengikuti Wisuda I Tahun 2022 adalah:

a.       yang sudah dinyatakan lulus secara akademik dan memenuhi persyaratan lainnya.

b.      berstatus aktif/terdaftar sampai pada semester terakhir ketika dinyatakan lulus.

c.       tidak memiliki tunggakan UKT, biaya-biaya lain, dan tanggungan persyaratan akademik lainnya.

d.      belum pernah diwisuda (belum pernah terbit ijazahnya) pada periode sebelumnya.

  2.     Pendaftaran wisuda tidak dipungut biaya pendaftaran 

  3.      Persyaratan pendaftaran wisuda ke Fakultas mencakup :

 1.     Surat Keterangan Bebas Laboratorium dan Pustaka Jurusan masing-masing, diserahkan secepatnya agar bisa terdaftar secara   online

 2.     Untuk calon wisudawan I Tahun 2022 yang sudah didaftarkan oleh admin fakultas silahkan memverifikasi data di laman        wisuda.unand.ac.id dengan username dan password portal akademik masing-masing.

 3.     Untuk berkas wisuda yang dikumpulkan ke Fakultas setelah verifikasi data online sebagai berikut :

a.     Surat Pernyataan bermaterai sebanyak 1 rangkap

b.     Draft Ijazah sebanyak 1 rangkap

c.     Foto Warna ukuran 4 x 6 dan 3x 4 sebanyak 2 lembar

Berkas dikumpul paling lambat tanggal 14 Februari 2022 dan softcopy berkas dalam format pdf dikirim via email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  4.     Syarat Pengambilan Ijazah sebagai berikut :

a.     Surat Keterangan Pengambilan Ijazah dapat di download disini 

b.     Kliring Keuangan / Surat keterangan Bebas Biaya UKT

c.     Kliring Pustaka Pusat / Surat keterangan bebas biaya Pustaka

C.     Pendaftaran Wisuda

Seluruh calon peserta Wisuda I Tahun 2022 melakukan registrasi secara online melalui laman http://wisuda.unand.ac.id sampai tanggal 11 Februari 2022 pukul 23.55 WIB.

"Gak akan ada uang jatoh dari langit, tapi kamu bisa dapet puluhan juta dari ide doang!"

 

KOK BISA??

 

Bisa dong, makanya ikut INNOCAMP 2021, Kompetisi ide inovasi digital hasil kolaborasi Adira Finance Corporate University dengan prasmul eli. 

Gak cuma bisa menangin hadiah utama puluhan juta, kamu juga dapet pelatihan khusus dari para pakar ternama dan ahli di bidangnya.

Kurang puas? nanti akan ada sesi sharing dari petinggi-petinggi perusahaan terkenal juga lho. Dapet ilmunya, dapet Fun-nya, banyak hadiahnya, dapet juga hadiahnya!

Masih kurang juga? dari mulai pendaftaran, hingga akhir acara semuanya GRATIIISS!!

 

Yuk, tunggu apalagi? Kepoin aja cara daftarnya di bit.ly/INNOCAMP-2021

Main juga yaa ke Instagram & Youtube Channel kita di innocamp.id & Innocamp Official

 

_#AdirakuAndalanku_

Wednesday, 08 December 2021 14:31

FTI Jalin Kerjasama dengan FMIPA UGM

Padang – (FTI UNAND) mengadakan acara diskusi dengan FMIPA UGM pada selasa (7/12) secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh kedua Dekan baik dari FTI UNAND maupun Dekan dari FMIPA UGM yaitu Bapak Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si serta juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Bapak Drs. Roto, M.Eng, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bapak Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si., Kepala Departemen Ibu Anny Kartika Sari, S.Si., M.Sc., Ph.D., Sekretaris Departemen Dr. Andi Dharmawan, S.Si., M.Cs. FMIPA UGM. Sementara dari FTI UNAND juga dihadiri Wakil Dekan, Kajur, sekjur dan dosen.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Dekan Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, MT dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Dekan FMIPA UGM beserta jajaran yang telah menyempatkan hadir dalam diskusi ini.

Adapun pembahasan dalam diskusi ini yaitu mengenai kerjasama dalam hal penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran juga penelitian, credit earning serta tindak lanjut program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) antara Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas dengan FMIPA Universitas Gajah Mada.

Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kemajuan FTI ke depannya (MR)

Friday, 26 November 2021 09:58

Kunjungan FTI UNAND Ke UNS

Padang – Rabu (24/11) FTI Unand melakukan kunjungan ke Universitas Sebelas Maret (UNS) yang dipimpin oleh Dekan FTI Bapak Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, MT dalam rombongan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Koordinator Tata Usaha serta Sub Koordinator Umum dan Kepegawaian FTI UNAND.

    

Dalam kunjungan ini Rombongan FTI UNAND disambut langsung oleh Dekan FMIPA UNS Bapak Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. beserta Wakil Dekan dan tim. Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah sebagai  penjajakan kerjasama kedua institusi serta sarana bertukar pikiran karena FTI UNAND akan membuka prodi informatika.

Semoga dengan adanya kunjungan ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik antara Fakultas Teknologi Informasi dengan Universitas Sebelas Maret. (MR)

Dekan FTI Unand mempunyai kontrak kinerja dengan Rektor untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Unand dan juga meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dan dosen dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Setelah pada bulan Oktober melakukan kunjungan ke P2MS ITB, Kementerian Luar Negeri, PT. Solusi Kampus Indonesia di Yogykarta, dan Universitas Islam Indonesia, maka pada 22 November 2021 Dekan FTI Unand melakukan kunjungan ke PT. Pertamina Retail di Jakarta. Kunjungan kerja itu dilakukan dalam rangka memenuhi kontrak kinerja tersebut.

Sesuai pembagian tugas, Dekan FTI Unand datang sendiri saja ke PT. Pertamina Retail. Bapak Iin Febrian, Direktur Utama Pt. Pertamina Retail (alumni Teknik Industri Angkatan 1995), menerima langsung kedatangan Dekan. Pada awal pembicaraan, Dekan menjelaskan secara singkat tentang IKU Perguruan Tinggi dan Program MBKM.

Pak Dirut sangat antusias mendengar kedua program Kemdikbudristek tersebut dan bersedia untuk bekerjasama dengan FTI Unand, secara khusus, dan Unand secara umum, untuk melaksanakan kedua program tersebut.

Secara khusus Pak Dirut menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kemampuan mahasiswa yang sangat dibutuhkan Ketika nanti bekerja. Semua hal yang idsampaikan mengerucut kepada :kemampuan mengeksekusi rencana. Kemampuan ini merupakan hasil akhir yang diharapkan dari kemampuan berkomunikasi, negosiasi, konsolidasi sumber daya, dan berfikir lateral/ sistem. Khusus untuk mahasiswa dan atau alumni FTI, maka pengembangan aplikasi atau solusi permasalahan harus berubah: dari pendekatan “push” ke pendakatan “pull”, yaitu harus dimulai dari kebutuhan konsumen.

                                   

Pada bagian akhir diskusi, Dekan menyampaikan program besar FTI di tahun 2022, yaitu Lustrum II FTI. Partisipasi PT. Pertamina Retail, khususnya sebagai sponsor, sangat diharapkan. Dekan berharap, dengan penyampaian hal ini di akhir tahun maka PT. Pertamina Retail dapat mengalokasikan anggaran sponsorship pada Lustrum II FTI tersebut. Pak Dirut berjanji akan memperhatikan itu dan meminta FTI segera menyampaikan proposal kegiatan Lustrum tersebut.

Diskusi Dekan FTI dengan Dirut PT. Pertamina Retail berlangsung selama 1,5 jam. Setelah itu, Dekan bertemu dengan 2 orang sejawat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga 2 orang alumni Jurusan Sistem Informasi yang bekerja di OJK. Pembicaraan utama adalah tentang Lustrum II FTI.

Selesai pembicaraan santai di sela-sela makan siang itu, Dekan FTI langsung terbang ke Surakarta, untuk bergabung dengan WD1, WD2, Koordinator TU, dan Sub Koordinator UK. Sesuai rencana rombongan akan melakukan kunjungan ke FMIPA UNS pada tanggal 23 November 2021.

Mudah-mudahan kunjungan kerja ke PT. Pertamina Retail, UNS, Unair, UB, dan Adira Finance dapat memberikan hasil yang diharapkan demi kemajuan FTI Unand. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin. (AH)

Pada hari Senin, 8 November 2021, Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Unand, telah melaksanakan sebuah webinar dengan tema Road to ICITDI 2022: Tip dan Trik Mengelola International Conference dengan EDAS. Kegiatan ini diisi oleh pemateri Dr. Novianto Budi Kurniawan, S.ST., M.T., yang saat ini bekerja di Badan Pusat Statistik dan aktif dalam berbagai Conference Committee. Kegiatan webinar ini merupakan rangkaian persiapan untuk pelaksanaan ICITDI 2022 (International Conference on Information Technology and Digital Innovations), yaitu konferensi internasional pertama yang diadakan oleh FTI Unand yang direncanakan akan diselenggarakan pada pertengahan tahun 2022.

 

Hadir sebagai peserta adalah dosen FTI Unand, terutama yang bertindak sebagai panitia ICITDI 2022. Webinar ini dibuka oleh Dekan FTI, Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, ST, MT., dan ketua pelaksana, Dr. Eng Budi Rahmadya.

 

Pada penyampaian materinya, Bapak Dr. Novianto Budi Kurniawan, S.ST., M.T., menyampaikan beberapa hal terkait penggunaan EDAS dalam konferensi internasional, yaitu mengenai Menyiapkan Konferensi, Mengelola Konferensi dengan EDAS, Mengorganisir Konferensi, dan berbagai hal lain terkait pelaksanaan konferensi dengen EDAS. Bapak Novianto juga mencontohkan secara langsung bagaimana EDAS digunakan sehingga peserta webinar terutama yang bertindak sebagai panitia konferensi ICITDI 2022, dapat mempraktekkan penggunaan EDAS secara langsung.

 

Hingga saat ini, FTI Unand telah melaksanakan dua rangkaian webinar dalam rangka persiapan ICITDI 2022, yaitu Workshop IEEE Conference Management dan Tip dan Trik Mengelola International Conference dengan EDAS. Dengan pelaksanaan webinar ini, maka diharapkan pelaksanaan ICITDI 2022 dalam terlaksana dengan baik. (BR)

Rombongan dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN SUSKA berjumlah tujuh orang yaitu Dekan FST Bapak Dr. Hartono BA, M.Pd, Wakil Dekan 3 FST Bapak Dr. Kunaifi, ST., PgDipEnST., M.Sc. Ketua jurusan Teknik Informatika Bapak Iwan Iskandar, S.T.,M.T., ketua jurusan Teknik Elektro Ibu Dr. Zulfatri Aini, S.T., M.T., Sekretaris jurusan  Teknik Elektro Bapak Sutoyo,S.T.,M.T., Ketua jurusan Matematika Bapak Wartono,M.Sc., dan Ketua jurusan Teknik Industri Ibu Misra Hartati, S.T.,M.T. berkunjung ke Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas pada hari Rabu 10 November 2021.

                    

Rombongan FST UIN SUSKA Riau yang dipimpin oleh Dekan FST Bapak Dr. Hartono BA, M.Pd disambut langsung oleh Dekan FTI Bapak Dr. Ahmad Syafruddin I dan pimpinan FTI lainnya. Kunjungan yang bertepatan dengan peringatan  hari pahlawan ini bertujuan untuk silaturahmi dan melakukan penandatangan Nota Kesepakatan atau Memorandum Of Agreement (MOA) antara FTI UNAND dan FST UIN SUSKA Riau.

Pembahasan MOA ini sudah dilakukan oleh kedua pihak kurang lebih selama 5 bulan terakhir ini. MOA berisi tentang kerjasama kedua belah pihak dalam bidang Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat serta bidang lainnya antara lain: Pertukaran editor dan reviewer, serta  pertukaran penerbitan hasil riset/publikasi naskah ilmiah di jurnal, Pengelolaan konferensi ilmiah, Melaksanakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dan Mobilisasi Dosen sesuai Kepakaran/Kompetensi.

Mudah-mudahan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan peran FTI UNAND bagi kedjayaan bangsa (WH)

Sehubungan dengan pelaksanaan Wisuda V Tahun 2021 dalam masa Pandemi Covid-19, bersama ini disampaikan pelaksanaan dan persyaratan wisuda sebagai berikut: 

A.     Pelaksanaan

1.   Penyelenggaraan Wisuda V Program Diploma Tiga, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Desember 2021  di tingkat Universitas

2.     Prosesi Wisuda dilaksanakan secara online sama seperti Wisuda I, II, III dan IV Tahun 2021.

B.     Persyaratan Wisuda

 1.      Mahasiswa yarg berhak mengikuti Wisuda V Tahun 2021 adalah:

a.       yang sudah dinyatakan lulus secara akademik dan memenuhi persyaratan lainnya.

b.      berstatus aktif/terdaftar sampai pada semester terakhir ketika dinyatakan lulus.

c.       tidak memiliki tunggakan UKT, biaya-biaya lain, dan tanggungan persyaratan akademik lainnya.

d.      belum pernah diwisuda (belum pernah terbit ijazahnya) pada periode sebelumnya.

  2.      Selama Pandemi Covid-19 peserta wisuda dibebaskan biaya pendaftaran (bagi yang terlanjur membayar akan dikembalikan) 

  3.      Persyaratan pendaftaran wisuda ke Fakultas mencakup :

 1.     Surat Keterangan Bebas Laboratorium dan Pustaka Jurusan masing-masing, diserahkan secepatnya agar bisa terdaftar secara   online

 2.     Untuk calon wisudawan V Tahun 2021 yang sudah didaftarkan oleh admin fakultas silahkan memverifikasi data di laman        wisuda.unand.ac.id dengan username dan password portal akademik masing-masing.

 3.     Untuk berkas wisuda yang dikumpulkan ke Fakultas setelah verifikasi data online sebagai berikut :

a.     Surat Pernyataan bermaterai sebanyak 1 rangkap

b.     Draft Ijazah sebanyak 1 rangkap

c.     Foto Warna ukuran 4 x 6 dan 3x 4 sebanyak 2 lembar

Berkas dikumpul paling lambat tanggal 1 Desember 2021 dan softcopy berkas dalam format pdf dikirim via email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  4.     Syarat Pengambilan Ijazah sebagai berikut :

a.     Surat Keterangan Pengambilan Ijazah dapat di download disini 

b.     Kliring Keuangan / Surat keterangan Bebas Biaya UKT

c.     Kliring Pustaka Pusat / Surat keterangan bebas biaya Pustaka

C.     Pendaftaran Wisuda

Seluruh calon peserta Wisuda V Tahun 2021 melakukan registrasi secara online melalui laman http://wisuda.unand.ac.id sampai tanggal 30 November 2021 pukul 23.55 WIB.