""
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap T.A 2023/2024 KLIK DISINI
Toggle Bar

Mahasiswa Semester 3 di Jurusan Sistem Informasi, Jadi Best Presenter Pada Acara Konferensi Internasional, ICELBI 2022

15 September 2022

Padang - (Unand) Nadila Rizky Amelia atau yang sering disapa Nadila adalah mahasiswa semester 3 yang menempuh pendidikan Sistem Informasi di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas.Ia terpilih sebagai BestPresenter di acara Konferensi Internasional pada tanggal 7 - 8 Sept 2022 di Hotel Santika Padang, Indonesia pada kegiatan International Conference on Entrepreneurship, Leadership, and Business Innovation (ICELBI)2022. ICELBI2022 adalah konferensi pelopor tentang kewirausahaan, kepemimpinan, dan inovasi di lingkungan pendidikan tinggi yang berfokus pada output berorientasi penelitian dari akademisi dan praktisi.

Konferensi ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti Bapak Erick Thohir, B.A., M.B.A(Menteri BUMN), Prof. Yuliandri (Rektor UNAND), Ir. Insannul Kamil, Ph.D, ASEAN Eng. (Wakil Rektor II UNAND), H. Mahyeldi Ansharullah, S.P (Gubernur Sumatera Barat), Dr. Eryadi Masli (Swinburne Australia) dan beberapa tokoh penting lainnya dengan Keynote Speaker Dr. Eryadi Masli (Swinburne Australia), Prof. Dr. Hishsmuddin Mohd Ali (UTM Malaysia), Dr. Sanat Wongthawethong (Deputy Director Thailand Science Park), Sr. Ishak Ismail (IMG Global Malaysia), Ir. Insannul Kamil, Ph.D, ASEAN Eng (Vive Rector III of Andalas University).

Pada acara konferensi ini, judul paper yang diangkat Nadila adalah Empowerment of Inter-Student Achievements as a Form of Manifestation “Mapres Copy Mapres” Sustainable, dimanalatar belakangpemilihan judul ini disebabkan oleh keresahan Nadila dan tim mengenai sulitnya menemukan mentor dan partner solusi yang tepat ketika ingin mengikuti beberapa pengembangan diri di dalam maupun diluar lingkungan kampus seperti mengikuti lomba, pertukaran mahasiswa, kegiatan volunteer, pencarian beasiswa, dan program magang baik yang disediakan dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar multinasional.

Author lainnya yaitu Irfan Wahendra (Sistem Informasi 21) dan Stefani Wijaya (Ilmu Ekonomi 21) juga mengatakan bahwa dengan mudahnya akses untuk terhubung dengan mahasiswa berprestasi, tentu setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai impiannya dan menjadi mahasiswa berprestasi selanjutnya sehingga terbentuklah siklus mapres cetak mapres berkelanjutan. Selain itu, dengan diberikannya bimbingan secara maksimal oleh koresponding authornya yaitu Bapak Jefril Rahmadoni, M.Kom (Dosen Sistem Informasi), mereka berhasil menyusun dan meloloskan paperdalam kegiatan tersebut dan berhasil mempresentasikan hasil riset mereka dan menjadi Best Presenter di acara ICELBI 2022.

Selanjutnya, untuk mewujudkan siklus mapres cetak mapres tersebut, Nadila dan tim sedang mengembangkan sebuah startup dengan nama “Diskas”. Diskas adalah platform konsultasi bagi mahasiswa berpengalaman baik di bidang akademik maupun non-akademik secara instan dan terpercaya. Melalui Diskas, mahasiswa dapat berperan sebagai mentor atau mentee. Mentor adalah mahasiswa yang memiliki prestasi dan pengalaman di bidang tertentu sedangkan mentee adalah mahasiswa yang mencari mahasiswa berpengalaman untuk berkonsultasi. Nantinya, setiap mentor akan mendapatkan komisi dari sesi konsultasi yang dibuka.

Oleh karena itu, saat ini Diskas sedang dalam proses pematangan value produk dan mereka yakin kedepannya Diskas dapat menjadi jawaban dari keresahan para mahasiswa dan tentunya Diskas dapat menjadi semakin bersinar dengan mengikuti berbagai kegiatan kompetisi lainnya. “Kami optimis akan hal itu”, ujar Nadila. (JFR)