""

Kunjungan Dekan Fakultas Teknologi Informasi ke PT. Pertamina Retail

23 November 2021

Dekan FTI Unand mempunyai kontrak kinerja dengan Rektor untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Unand dan juga meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dan dosen dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Setelah pada bulan Oktober melakukan kunjungan ke P2MS ITB, Kementerian Luar Negeri, PT. Solusi Kampus Indonesia di Yogykarta, dan Universitas Islam Indonesia, maka pada 22 November 2021 Dekan FTI Unand melakukan kunjungan ke PT. Pertamina Retail di Jakarta. Kunjungan kerja itu dilakukan dalam rangka memenuhi kontrak kinerja tersebut.

Sesuai pembagian tugas, Dekan FTI Unand datang sendiri saja ke PT. Pertamina Retail. Bapak Iin Febrian, Direktur Utama Pt. Pertamina Retail (alumni Teknik Industri Angkatan 1995), menerima langsung kedatangan Dekan. Pada awal pembicaraan, Dekan menjelaskan secara singkat tentang IKU Perguruan Tinggi dan Program MBKM.

Pak Dirut sangat antusias mendengar kedua program Kemdikbudristek tersebut dan bersedia untuk bekerjasama dengan FTI Unand, secara khusus, dan Unand secara umum, untuk melaksanakan kedua program tersebut.

Secara khusus Pak Dirut menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kemampuan mahasiswa yang sangat dibutuhkan Ketika nanti bekerja. Semua hal yang idsampaikan mengerucut kepada :kemampuan mengeksekusi rencana. Kemampuan ini merupakan hasil akhir yang diharapkan dari kemampuan berkomunikasi, negosiasi, konsolidasi sumber daya, dan berfikir lateral/ sistem. Khusus untuk mahasiswa dan atau alumni FTI, maka pengembangan aplikasi atau solusi permasalahan harus berubah: dari pendekatan “push” ke pendakatan “pull”, yaitu harus dimulai dari kebutuhan konsumen.

                                   

Pada bagian akhir diskusi, Dekan menyampaikan program besar FTI di tahun 2022, yaitu Lustrum II FTI. Partisipasi PT. Pertamina Retail, khususnya sebagai sponsor, sangat diharapkan. Dekan berharap, dengan penyampaian hal ini di akhir tahun maka PT. Pertamina Retail dapat mengalokasikan anggaran sponsorship pada Lustrum II FTI tersebut. Pak Dirut berjanji akan memperhatikan itu dan meminta FTI segera menyampaikan proposal kegiatan Lustrum tersebut.

Diskusi Dekan FTI dengan Dirut PT. Pertamina Retail berlangsung selama 1,5 jam. Setelah itu, Dekan bertemu dengan 2 orang sejawat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga 2 orang alumni Jurusan Sistem Informasi yang bekerja di OJK. Pembicaraan utama adalah tentang Lustrum II FTI.

Selesai pembicaraan santai di sela-sela makan siang itu, Dekan FTI langsung terbang ke Surakarta, untuk bergabung dengan WD1, WD2, Koordinator TU, dan Sub Koordinator UK. Sesuai rencana rombongan akan melakukan kunjungan ke FMIPA UNS pada tanggal 23 November 2021.

Mudah-mudahan kunjungan kerja ke PT. Pertamina Retail, UNS, Unair, UB, dan Adira Finance dapat memberikan hasil yang diharapkan demi kemajuan FTI Unand. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin. (AH)