""
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap T.A 2024/2025 KLIK DISINI
Toggle Bar

Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen adalah pengabdian masyarakat. Tim Pengabdian Masyarakat jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan penerapan sebuah aplikasi Sistem Informasi Inventory APD di Dinkes Kota Padang. Aplikasi ini berguna bagi Dinkes Kota Padang dalam mengelola dan mengendalikan persediaan barang berupa APD di Dinkes sendiri maupun di seluruh puskesmas yang berada di lingkungan Dinkes Kota Padang. Ini dilakukan oleh FTI Unand sebagai partisipasi membantu pemerintah menangani pandemic Covid-19.

Kegiatan ini berawal dari sebuah penelitian dari dosen jurusan Sistem Informasi FTI Unand, yaitu Jefril Rahmadoni, M.Kom, Ricky Akbar, M.Kom, Adi Arga Arifnur, M.Kom dan dibantu oleh 2 orang mahasiswa dari Jurusan Sistem Informasi FTI Unand yang membuat sebuah penelitian perancangan Sistem Inventory APD berbasis Web. “Penyerahan dan pelatihan penerapan aplikasi ini berawal dari sebuah penelitian kami yang kemudian diimplementasikan di Dinkes Kota Padang beserta seluruh puskesmas yang ada kota Padang yang berupa bentuk tugas dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dalam mengoperasikan aplikasi ini”, kata ketua peneliti Jefril.

Acara pelatihan ini yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2020 yang lalu diawali dengan sambutan dari Kepala Dinkes Kota Padang, dr. Ferimulyani, M.Biomed. Beliau mengucapkan terima kasih kepada FTI Unand yang telah membantu Dinkes Padang dalam pengendalian stok APD. “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada FTI Unand yang telah membuat aplikasi Sistem Informasi Inventory APD ini. Aplikasi ini sangat berguna bagi kami dalam pengendalian stok APD”. Beliau juga menambahkan, “Saat ini seluruh aplikasi dalam penanganan Covid-19 akan kami gunakan. Karena tidak mungkin semua data-data yang ada kita kerjakan secara manual. Kami berharap aplikasi ini nantinya bisa dikembangkan, bukan hanya sebatas APD saja akan tetapi juga asset-asset lainnya”

FTI Unand memiliki bebrapa laboratorium yang salah satu nya adalah laboratorium Enterprise Application yang telah ‘melahirkan’ banyak aplikasi hasil dari kolaborasi dengan dosen yang melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. “Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di Fakultas Teknologi Informasi Unand banyak menerapkan aplikasi-aplikasi yang telah dibuat oleh tim pengabdian masyarakat di masing-masing jurusan yang berada di FTI. Kami berharap aplikasi ini dapat membantu Dinkes dan puskesmas dalam mengendalikan stok APD dan tentunya aplikasi ini dapat dikembangkan dengan adanya masukan-masukan dari Dinkes kota Padang maupun puskesmas” kata Wakil Dekan II FTI Unand Hasdi Putra, MT dalam sambutannya.

FTI menyerahkan aplikasi ke Dinkes Kota Padang secara simbolis yang dilanjutkan dengan pelatihan dalam penerapan aplikasi ini dengan peserta dari Dinkes Kota Padang dan perwakilan dari seluruh puskesmas yang ada di kota Padang. Dengan itu, aplikasi bisa digunakan oleh Dinkes Padang dalam mengelola dan mengendalikan stok APD. Pada aplikasi ini Dinkes Padang dapat mengetahui jumlah stok APD yang ada di Dinkes Padang maupun yang ada di puskesmas. Selain itu Puskesmas juga bisa melakukan permintaan APD ke Dinkes melalui aplikasi ini. “Dalam penerapan aplikasi ini, Dinkes Kota Padang menjadi pionir untuk pengoperasiannya, artinya aplikasi ini juga berpeluang untuk diterapkan di Dinkes Kabupaten/Kota lain nantinya” kata Riki. Acara penyerahan sekaligus pelatihan penggunaan aplikasi ini dilaksanakan dengan menerapkan protocol Kesehatan, seluruh peserta menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Wednesday, 12 August 2020 05:34

Panduan BAKTI Tahun 2020

Bagi Mahasiswa angkatan 2020 Panduan Bakti Tahun 2020 dapat di download disini , terima kasih.

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH mengeluaran edaran terkait Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021.

Dalam edaran tersebut [KLIK DISINI] disampaikan perkuliahan semester ganjil untuk semester III, V dan VII tahun akademik akan dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020.

Baca Selengkapnya

Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas, dan ikut dalam pencegahan dan penularan COVID-19, Sub bagian Akademik dan Kemahasiswaan membuat form aplikasi layanan administrasi akademik dan kemahasiswaan secara online (daring)

Silahkan menggunakan link: https://bit.ly/3kr4u10 untuk keperluan layanan administrasi Akademik dan Kemahasiswaan secara online.

Semoga form aplikasi online ini bisa membantu mahasiswa untuk mendapatkan pelayanan administrasi akademik yang diperlukannya.

Terima kasih.

Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FTI

Monday, 27 July 2020 13:52

Beasiswa LAZ (Lembaga Amil Zakat) 2020

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa FTI yang berminat untuk mengikuti seleksi beasiswa LAZ (Lembaga Amil Zakat) 2020, dapat menyerahkan kelengkapan bahan ke Fakultas paling lambat tanggal 29 Juli 2020 pukul 12.00 Wib dengan persyaratan sebagai berikut : 

  1. Surat Permohonan ditujukan kepada Dekan
  2. IPK minimal 2,75
  3. Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan
  4. Surat Pernyataan tentang tidak menerima bantuan / beasiswa lainnya ditanda tangani diatas materai Rp. 3000

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. 

Berikut dilampirkan SK Rektor Universitas Andalas tentang Penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester Genap TA 2020/2021 sebagai berikut :

No Uraian Link
1 Pembayaran UKT sebesar 50% Download
2 Penyesuaian Penurunan UKT Download
3 Pembayaran UKT secara Cicilan Download

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. 

Berikut Daftar Nama Mahasiswa Jalur Mandiri yang Mencicil Pembayaran Ukt Semester Ganjil  TA. 2020/2021 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas sebagai berikut :

 

NO  NAMA  NIM  NILAI UKT LAMA  JURUSAN  KET 
1 Firra Azzarah Trie Utami  1611513017        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
2 Fredy Pratama Zulkarnaini 1611513004        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
3 Galang Mulia Prakoso  1611513015        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
4 Harist Islami 1611513009        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
5 Mohd. Geraldy Yusha 1611513003        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
6 Novira Desry Anggy 1611513008        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
7 Pratama Halim  1611513002        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
8 Rahmatul Husna  1611513011        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
9 Rangga Pratama Putra 1611513006        5.500.000  SISTEM KOMPUTER  Mencicil 3 x
10 Fuad Ali Tanjung  1611523004        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
11 Garcia Fhalima 1611523001        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
12 Miftahul Asraf  1611523012        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
13 Ilfa Zakia 1611523007        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
14 Yauma Amanda Saskia 1611523011        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
15 Salsabilla Julia Putri  1611523014        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
16 Rezki Yunanda  1611523013        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
17 Putri Laili Ramadhani 1611523002        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
18 Muhammad Febri Algani  1611523005        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x
19 Ibnu Muyassar 1911522014        5.500.000  SISTEM INFORMASI  Mencicil 3 x

 

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

 

 

Diberitahukan Kepada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas yang ingin mengajukan Permohonan Bantuan Biaya Uang Kuliah Tunggal dapat mengajukan berkas (klik disini) ke Fakultas Paling Lambat tanggal 20 Juli 2020.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Diberitahukan kepada Mahasiswa yang namanya tersebut dibawah ini untuk dapat melengkapi kekurangan berkas penurunan UKT ke Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas via email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat Hari Selasa tanggal 14 Juli 2020 jam 12.00 WIB.

NO  NAMA  KELENGKAPAN BERKAS 
Surat Permohonan  Surat Ket Penghasilan Orangtua  Surat Ket Tidak Mapu dr Lurah  Fotocopy KK  Rekening Listri, Air, PBB Dokumen Pendukung lainnya (jika ada)
1 Ahmad Musa Rizal         
2 Aulia Rahman Aslam      
3 Camila Faiza      
4 Fadhlullah Ahmad   
5 Fikri Afrian       √ 
6 Ibnu Muyassar      
7 Mutiara Raudhatul Jannah      
8 Rafki Yovandinata  
9 Rani Anggraini Putri   
10 Nurul Afifah             
11 Nadya Melanie Ragita Azahari   √ 
12 Pungky Irfan Hidayat             
               

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.