""
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap T.A 2023/2024 KLIK DISINI
Toggle Bar

Irfan Rahmat Ramadhan, S.Kom “Man Jadda Wajada (Siapa yang Bersungguh-Sungguh Maka Dia Akan Berhasil)”

29 May 2023

Alhamdulillah…. Semua atas izin Allah SWT

Pada tanggal 6 Desember 2000, lahirlah seorang anak di Bukittinggi bertepatan dengan bulan Ramadhan, dan kemudian diberi nama Irfan Rahmat Ramadhan, karena nama merupakan doa dan harapan semoga dapat menjadi anak yang shaleh dan dapat membanggakan kedua orangtuanya. Waktu demi waktu terus berlalu hingga akhirnya pada tanggal 20 Mei 2023, merupakan salah satu hari yang bersejarah bagi Irfan karena pada hari tersebut nama Irfan akhirnya diberi tambahan gelar “S.Kom” dibelakangnya. 4 tahun dan 10 bulan merupakan waktu yang sangat panjang dan memiliki banyak cerita didalamnya mulai dari rasa suka, duka, hingga perjuangan yang tiada hentinya demi menyelesaikan jenjang studi perkuliahan ini. “Irfan Rahmat Ramadhan”, begitu nama Irfan dibacakan dan dipanggil oleh MC untuk maju keatas panggung pada Wisuda III Universitas Andalas 2023. Hal ini membuat Irfan sangat tidak menyangka dapat menjadi salah satu dari nama-nama wisudawan yang dipanggil oleh MC untuk maju keatas panggung. Hal ini juga membuat Irfan sangat bersyukur dan terharu karena berkat perjuangan selama ini telah membuahkan suatu pencapaian sebagai lulusan terbaik pada Wisuda III Universitas Andalas 2023 yang mana ini sebagai kado terindah untuk kedua orangtua Irfan yang selalu mendoakan dan mensupport Irfan kapanpun dan dimanapun Irfan berada.  

Berawal dari seorang anak yang terbilang minim kemampuan dan pengetahuan mengenai Jurusan Sistem Informasi dan merasa tidak bisa melewati semua hal-hal yang dihadapinya dengan baik, namun ia terus berusaha agar ia dapat mengikuti perkuliahan dengan sebaik mungkin. “Man Jadda Wajada (Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Maka Dia Akan Berhasil”, begitulah bunyi dalam Bahasa Arab yang membuat Irfan menjadi termotivasi untuk bangkit dan menjadi lebih baik lagi. Maka dengan tekad dan kerja keras, serta doa dan dukungan dari kedua orang tua, kerabat, dan teman-teman yang tiada hentinya, Alhamdulillah akhirnya Irfan dapat melewati semua kendala yang Irfan hadapi. Tepat pada hari Jumat, 12 Mei 2023 merupakan hari dimana Irfan telah menyelesaikan studinya di Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas dengan dinyatakan lulus oleh penguji setelah melalui serangkaian kegiatan ataupun ujian Sidang Tugas Akhir. Irfan sangat bersyukur dan bahagia ketika mendengar kata lulus yang diucapkan oleh penguji pada saat Sidang Tugas Akhir. Sepatah dua patah kata beserta nasihat dari masing-masing dosen pembimbing dan dosen penguji pun Irfan dengarkan dengan baik, karena semua nasihat yang diberikan menjadi bekal untuk Irfan dalam menghadapi dunia kerja kedepannya.

Selama masa perkuliahan berlangsung, Irfan lebih memprioritaskan ke dalam hal akademik dibandingkan dengan mengikuti kegiatan organisasi, karena Irfan menganggap dalam mengikuti jenjang pendidikan, urusan akademik lebih penting dibanding berorganisasi. Namun, seiring berjalannya waktu, Irfan menyadari bahwa mengikuti kegiatan organisasi juga sama pentingnya dengan mengikuti kegiatan akademik. Hal ini dikarenakan dalam mengikuti kegiatan organisasi Irfan juga mendapatkan banyak pelajaran didalamnya. Pelajaran-pelajaran tersebut seperti belajar bagaimana cara bekerjasama dalam tim dengan baik, belajar cara berbicara didepan umum, dan belajar cara membagi waktu dengan baik. Semua pelajaran ini sangat bermanfaat untuk diri Irfan dan juga dengan pelajaran ini dapat menjadi pengalaman yang berarti untuk menghadapi dunia kerja kedepannya. Sehingga, Irfan mulai mencoba untuk aktif dalam berorganisasi seperti dengan menjadi pengurus HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) dan juga menjadi pengurus BEM KM FTI UNAND (Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas).

Sesulit apapun masalah yang kita hadapi, janganlah pernah takut dan menyerah serta berputus asa. Namun percayalah setiap usaha yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang sangat baik jika kita selalu berikhtiar dengan sungguh-sungguh dan juga bertawakkal kepada Allah SWT. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Kita juga harus yakin bahwa rencana Allah SWT jauh lebih baik dari apa yang kita pikirkan.

Terakhir, Irfan ingin mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya untuk semua pihak yang telah mendoakan dan memberikan support kepada Irfan sehingga Irfan bisa sampai pada titik ini. Terkhusus, Irfan mengucapkan terimakasih banyak kepada kedua orang tua Irfan yang selalu mendoakan dan mendukung Irfan agar Irfan semangat dan dapat menjalankan perkuliahan dengan baik. Irfan juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Fajril Akbar, M.Sc. dan Ibu Dwi Welly Sukma Nirad, M.T. selaku dosen pembimbing Irfan yang telah membimbing dan memberi arahan serta nasihat yang membangun untuk Irfan mulai dari tahap mencari judul Tugas Akhir sampai Alhamdulillah bisa wisuda seperti sekarang. Terakhir, untuk teman-teman seperjuangan INFINITE, Irfan mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dan kenangan-kenangan yang tercipta selama ini, mulai dari masa-masa masih menjadi mahasiswa baru menggunakan pita oren dan pita abu-abu, masa perkuliahan di kelas, acara homestay, hingga akhirnya sama-sama berjuang dalam menyelesaikan Tugas Akhir. Semoga kita dapat bertemu lagi di kesuksesan kita selanjutnya. Tetap semangat dan jangan menyerah dalam mengejar impian kita masing-masing. Good Luck and See You On Top, Guys! (IRR).

Last modified on Monday, 29 May 2023 08:40