""
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap T.A 2023/2024 KLIK DISINI
Toggle Bar

Rifa Maulina, S.Kom “Percayalah kamu bisa melewatinya”

14 November 2022

Rifa Maulina lahir di Jakarta pada tanggal 14 Juni tahun 2000. Anak kedua dari dua bersaudara dari pasangan Bapak Masrizal dan Ibu Rika Gustina. Ia kini telah memiliki gelar diujung namanya Sarjana Komputer (S.Kom). Rifa telah berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun 2 bulan dengan nilai IPK 3,72. Semoga gelar dan ilmu yang Rifa peroleh dapat bermanfaat bagi banyak orang di sekitarnya karena “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain” (HR. Ahmad).

Kurang lebih empat tahun yang lalu, Rifa mendapat kabar yang sangat membahagiakan. Ia mendapat kabar bahwa ia lulus SBMPTN di Universitas Andalas jurusan Sistem Informasi. Kuliah di jurusan Sistem Informasi (SI) merupakan keinginannya sejak SMA. Ia mencoba mendaftar melalui SNMPTN namun belum berhasil, kemudian ia mencoba lagi di SBMPTN dan Alhamdulillah keinginannya tercapai. Rifa sangat mengetahui bahwa kabar tersebut merupakan awal perjalanan yang akan sangat menantang kedepannya. Ia harus beradaptasi dengan teman-teman yang berasal dari sekolah-sekolah ternama yang menurutnya ia bukan apa-apa dibandingkan dengan mereka. Rifa berusaha lebih keras dan ia mampu mengatasi hal tersebut, ia dapat beradaptasi dengan baik dan mengatasi ketidak percayaan dirinya. Teman-teman di SI sangat baik dan saling membantu satu sama lain sehingga rasa minder yang Rifa miliki diawal perkuliahan hilang dengan cepat.

Masa-masa perkuliahan merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi Rifa. Mulai dari hari pertama BAKTI menggunakan baju hitam putih dengan atribut pita oren dan abu-abu, berkumpul untuk pembinaan, membuat tugas besar bersama, mengejar deadline praktikum, menunggu kelas berikutnya, dan perjalanan dari rumah ke kampus yang cukup jauh. Semua dilewati dengan indah karena ada teman-teman SNSD dan INFINITE, serta dosen-dosen di SI yang selalu mendukung setiap kegiatan Rifa di kampus. Dalam masa perkuliahan, Rifa tidak hanya belajar di dalam kelas, ia juga mendapat banyak pelajaran di luar kelas dengan mengikuti beberapa organisasi. Organisasi yang pernah Rifa ikuti yaitu sebagai asisten di Laboratory of Enterprise Application (LEA), anggota FSI Al-Fatih FTI, dan sekretaris dinas pada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Informasi. Dengan mengikuti organisasi Rifa mendapat banyak pelajaran mengenai public speaking, kerja sama tim dan cara berorganisasi. Hingga sampai di tahap akhir perjalanan masa kuliah, mengerjakan tugas akhir yang Alhamdulillah lancar sampai selesai berkat bimbingan dari Bapak Ricky Akbar,M.Kom. sebagai dosen pembimbing dan bantuan dari teman-teman serta do’a dari orang tua dan keluarga sehingga Rifa mampu menyelesaikan studinya dengan baik.

Sesuatu yang belum kita lewati memang terlihat sangat besar dan sulit, tetapi ketika kita mencoba mengerjakannya, sesuatu yang besar itu akan berubah menjadi lebih kecil hingga kita berhasil melewatinya ternyata hal itu tidak sebesar yang kita bayangkan. Jangan ragu untuk mencoba, jangan takut terhadap suatu hal. Semua sudah diatur oleh Allah SWT, yakinlah akan takdir baik yang telah direncanakan-Nya.

Terima kasih untuk orang tuaku Ibu, Ayah, dan Oma yang selalu sabar menghadapi Rifa, yang selalu mendo’akan Rifa sehingga bisa sampai di titik ini, selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan Rifa. Rifa yang sekarang tidak akan ada jika bukan karena perjuangan kalian. Terima kasih juga untuk Uni Riri dan adikku Imam yang selalu mendukung dan mendo’akanku. Terima kasih sahabat dan teman-temanku yang selalu ada untuk membantu. Terima kasih teman-teman INFINITE atas empat tahun yang sangat-sangat berkesan semoga kita bisa terus berjuang bersama hingga mencapai titik tujuan kita masing-masing. Terima kasih banyak untuk Bapak, Ibu Dosen Sistem Informasi, staff dan karyawan FTI yang selalu membantu dan membimbing Rifa dalam bidang akademik. Semua yang terjadi bukan semata-mata atas perjuangan Rifa sendiri tetapi atas bantuan dari semuanya. Terima kasih sekali lagi untuk semuanya.^^