Mario Orlando, S.Kom (Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia)

10 March 2020

Putra sulung dari Bapak Ahda Syahdin, S.Sos dan Ibu Zuriati yang bernama Mario Orlando dengan panggilan akrab Super Mario atau Mario. Mario lahir pada hari minggu pada tanggal 6 April 1997 di Payakumbuh. Kini pada umur 22 Tahun Mario telah berhasil menyelesaikan studinya di jurusan Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas.

Pendidikan pertama yang ditempuhnya di TK Pius dan dilanjutkan di SDN 32 Limbukan,. Dia kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 9 Payakumbuh, setelah lulus memutuskan untuk masuk ke SMAN 2 Payakumbuh. Selama masa sekolah Mario akhirnya menemukan hal yang disukainya, sehingga memutuskan melanjutkan mimpinya di sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Dalam masa 4 Tahun 6 Bulan, berhasil mewujudkan salah satu impian dengan menyelesaikan studi di jurusan Sistem Komputer dengan IPK 3,43 dan juga mendapat Penghargaan Bintang Aktifis Kampus pada Wisuda I tahun 2020.

Pada awal kuliah menginginkan kehidupan kuliah yang berapi rapi dan tidak mononton karna hal itu Mario memasuki banyak organisasi kepanitian dan kegiatan lainnya. Setelah beberapa bulan masa perkuliahan dia mulai mencoba dengan masuk ke dalam organisasi yang bernama BEM KM FTI Unand sebagai anggota muda, selama menjalani kehidupan organisasi dalam kampus mulai menikmati kegiatannya tersebut. Selama menjadi anggota muda Mario memiliki prestasi sebagai anggota muda terbaik pada periode tersebut, karna hal tersebut Mario mulai merasa memiliki minat yang sangat tinggi terhadap organisasi dalam kampus.

Setelah lulus menjadi anggota muda bertekad untuk mencoba organisasi sebanyak yang ia bisa. Awal mulanya mengikuti organisasi BEM KM FTI sebagai Staf PSDM dan juga mengikuti Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer lalu diikuti dengan Organisasi Al-Fatih dan UKOS FTI Unand. Pada masa itu ia mengikuti 4 organisasi sekaligus, walaupun memiliki banyak organisasi Mario tetap bisa menikmati kehidupan organisasinya dikampus, walaupun ada masa masa yang berat akan tetapi tetap bisa mengatasinya dengan bantuan dari teman temanya.

Pada tahun puncak perkuliahan Mario memasuki puncak karirnya pada organisasi kampus dengan menjadi Wakil Gubernur BEM KM FTI, dan juga berhasil mewujudkan salah satu keinginannya pada saat awal masuk kampus yaitu menjadi Koordinator asisten laboratorium DIGIKOM (Sistem Digital dan Arsitektur Komputer). Akhir perkuliahan Mario memutuskan untuk lebih memperdalam ilmunya dengan magang di sebuah perusahaan yang teletak di BSD Tanggerang Selatan yang bernama Telkomsigma dan juga mengikuti pelatihan kominfo yang bernama DTS (Digital Talent Scholarship 2019). (MO)