Hanifah Azra Lubis, S.Kom “The best preparation for tomorrow is doing your best today”

28 February 2020

Hanifah Azra Lubis atau yang akrab disapa Azra merupakan anak tertua dari tiga bersaudara, putri dari Ir. Abdul Hakim Lubis dan Desri Hayati. Lahir di Padang, 19 Juni 1998 dan kini merupakan mahasiswi jurusan Sistem Informasi angkatan 2016, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas.

Menjadi lulusan terbaik yang dapat menyelesaikan perkuliahan dalam waktu 3 tahun 5 bulan dengan IPK 3,76 merupakan pencapaian yang tak pernah terbayangkan sebelumnya dan sangat di syukuri. Berkuliah di jurusan yang merupakan perpaduan antara pemrograman, bisnis, manajemen, matematika, dan statistika serta jadwal kuliah yang padat menuntutnya untuk selalu giat belajar dan melakukan yang terbaik. Memiliki prinsip “Excellence is not being the best, it is doing your best” yaitu untuk selalu melakukan usaha yang terbaik dalam segala hal. Hal itu terbukti dengan terpilihnya menjadi Mahasiswa Berprestasi Akademik 1 Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi pada tahun 2018. Selain itu, pada awal tahun 2019 juga menjadi perwakilan FTI untuk mengikuti Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) tingkat Universitas.

Azra memulai pendidikan pertamanya di TK Adzkia pada tahun 2003 dan melanjutkan pendidikan sekolah dasar di SD Semen Padang pada tahun 2004. Selama mengenyam pendidikan di sekolah dasar, selalu mendapat juara kelas sehingga dapat mengantarkannya untuk bersekolah di SMP favorit yaitu SMP Negeri 8 Padang pada tahun 2010. Perjuangan tidak berhenti disana, bertekad untuk melanjutkan SMA di  SMA Negeri 1 Padang dan hal itu pun terwujud pada tahun 2013. Setelah tamat SMA, diterima di Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN.

Selama kuliah, Azra mendapat berbagai pengalaman berharga yang menuntunnya menjadi pribadi seperti saat ini. Pada akhir tahun 2017,terpilih menjadi delegasi untuk mengikuti program Leadepreneur Summit di Tokyo, Jepang mengalahkan ribuan peserta lainnya. Ia juga berkesempatan mengikuti program Credit Earning yang diadakan Universitas Andalas di Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan selama dua bulan di tahun 2018. Kegiatan yang dilakukan selama di Korea yaitu Internship (Magang) di Mobile Grid Computing (MGC) Lab. Kemudian, pada tahun 2019,  terpilih untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Osaka, Jepang selama satu bulan. Selain itu, Azra juga kerap diminta untuk menjadi pembicara di beberapa acara di tingkat Jurusan, Fakultas, maupun Universitas. Di bidang organisasi, Azra juga merupakan anggota aktif BEM KM FTI Unand dari tahun 2017 hingga 2019.

Di akhir perkuliahannya, Azra berhasil menyelesaikan skripsi dalam waktu empat bulan dan meraih gelar Sarjana Komputer dengan skripsi yang berjudul “Pembangunan Business Intelligence pada Toserba Karyawan Semen Padang Berbasis Dashboard System” dan mendapat nilai A pada mata kuliah Tugas Akhir. Hal tersebut dapat di raih berkat kerja kerasnya dan atas izin Allah serta ridho kedua orang tua yang selalu mendukungnya. Dedikasi dosen juga memiliki andil yang besar atas segala hal yang diraihnya saat ini. Atas berkah dan rahmat Allah SWT beliau juga terpilih sebagai lulusan terbaik Jurusan Sistem Informasi sekaligus menjadi lulusan terbaik Fakultas Teknologi Informasi pada wisuda 1 tahun 2020. (HAL)