Program BTBI Jurnal TEKNOSI 2019: Workshop Proses Editorial Jurnal Berstandar Akreditasi Nasional

18 April 2019

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) menerima bantuan tata kelola jurnal (BTBI) 2019 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebesar 50 juta rupiah. Bantuan tersebut harus digunakan untuk kegiatan pengembangan tata kelola dan kualitas jurnal TEKNOSI kedepannya. Jurnal TEKNOSI yang saat ini telah berada pada Peringkat SINTA 3, menargetkan untuk dapat naik peringkat. Salah Satu program yang dilakukan adalah Workshop Proses Editorial Jurnal Berstandar Akreditasi Nasional. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan persamaan persepsi editor dan reviewer jurnal TEKNOSI tentang standar akreditasi bagi proses editorial sebuah jurnal.

 

 WhatsApp Image 2019 04 18 at 13.07.21 (1)                      WhatsApp Image 2019 04 18 at 13.07.21

Workshop ini diselenggarakan pada tanggal 16 April 2019 di ruang seminar lantai 5 Gedung Pustaka Unand. Dengan menghadirkan pembicara Prof. Dr. Istadi yang merupakan anggota tim Pakar Kemenristekdikti pada akreditasi Jurnal Nasional Arjuna dan Editor-in-chief jurnal internasional Bulletin Of Chemical Reaction Engineering & Catalysis (BCREC) Universitas Diponegoro. Kegiatan di awali dengan kata sambutan dari Ketua Jurusan Sistem Informasi Hasdi Putra, MT dan dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknologi Informasi Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna dan dihadiri juga oleh beberapa pengelola jurnal ilmiah di lingkungan Unand.

WhatsApp Image 2019 04 18 at 13.07.23                     

Dalam paparannya, Prof. Dr. Istadi menyampaikan penilaian unsur substansi memiliki bobot 51% dari total nilai akreditasi. Peran editor dan reviewer dalam proses penyuntingan naskah sangat penting dan terukur dalam penilaian substansi tersebut. Dalam materinya, Prof. Dr. Istadi menyampaikan tata kerja editor-in-chief, editor dan peer reviewer dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Disela-sela penyampaian materi, peserta juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab langsung mengenai proses pengelolaan jurnal.

WhatsApp Image 2019 04 18 at 13.07.22                   WhatsApp Image 2019 04 18 at 13.07.22 (2)

Pemateri juga melakukan bedah naskah terhadap salah satu artikel yang telah terbit di jurnal Teknosi dan memberikan beberapa komentar dan koreksi untuk perbaikan di masa datang. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Dekan FTI-Unand, Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna dan dan foto bersama pemateri dan peserta.