""
Jadwal Ujian Tengah Semester Genap T.A 2023/2024 KLIK DISINI
Toggle Bar

Padang – Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengadakan acara Konsinyir Kurikulum yang diadakan di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang, Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas, Dekan, Wakil Dekan, Dosen beserta tendik dilingkungan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan I Bapak Dr. Eng Rahmadi Kurnia.

                                         

Acara Konsinyir Kurikulum ini diadakan selama 2 hari berturut-turut mulai tanggal 18 – 19 Maret 2021, yang menghadirkan Dr. Eng Lusi Susanti, M,Eng sebagai Narasumbernya. Pada pembukaan acara hari pertama kemarin Bapak Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin, MS dan Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, MT tak lupa memberikan arahannya. Dalam penyampaiannya Wakil Rektor I memberikan arahannya terkait perancangan kurikulum. Serta kendala-kendala apa saja yang harus di atasi agar tercapainya desain kurikulum yang lebih baik lagi.

Selanjutnya acara konsinyir ini dilanjutkan dengan penjabaran dari progress kurikulum yang telah dijalankan oleh kedua Tim Kurikulum baik dari Jurusan Teknik Komputer maupun Sistem Informasi. Dan siang harinya akan dilanjutkan dengan penjabaran dari Narasumber mengenai Arahan Teknis Penjelasan tentang CPMK, dan RPS.

Berikut Foto Kegiatan Hari Pertama :

        

Foto Kegiatan Hari Kedua :

         

Semoga dengan diadakannya acara konsiyir Kurikulum ini diharapkan tercapainya Perbaikan Kurikulum yang lebih Baik Lagi. 

Admin Web-FTI

Diberitahukan Kepada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas yang berminat untuk mengikuti PHP2D dapat mengusulkan proposal melalui laman : php2d.kemdikbud.go.id. Sistematika Penulisan Proposal dan ketentuan lainnya dapat merujuk pada yang panduan dapat diunduh melalui laman : dikti.kemdikbud.go.id atau ph2d.kemdikbud.go.id

Mahasiswa yang dapat mengajukan usulan melalui organisasi mahasiswa merupakan mahasiswa program sarjana minimal semester IV yang aktif terdaftar pada PDDikti. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website MBKM UNAND merdeka.akademik.unand.ac.id/mbkm pada menu PENDAFTARAN, paling lambat sampai tanggal 7 April 2021.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 Admin Web FTI-UA

Padang (FTI Unand) - Sabtu (27/2) Wisudawan/wati Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengikuti prosesi  Wisuda periode I Tahun 2021 secara daring dengan jumlah wisudawan/wati sebanyak 32 orang.

Padang – Jumat (26/2) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas kembali mengadakan Rapat BAPEM membahas Monev Pengajaran pada Semester Genap T.A 2020/2021 secara Daring via Aplikasi Zoom Meeting. Rapat ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua BAPEM, GKM beserta anggota .

Adapun Pembahasan dalam Rapat Monev Perkuliahan kali ini, diantaranya sebagai berikut:

a.     Dosen verifikator adalah anggota GKM Jurusan, oleh karena itu jurusan perlu menambah

b.   anggota sesuai dengan beban perkuliahan dijurusan masing-masing.

c.     Dosen verifikator merupakan perwakilan dari setiap bidang ilmu di jurusan masing-masing.

d.     Penjelasan istilah di dokumen SOP perkuliahan

e.     Perbaikan form Monev terutama item validasi soal UTS/UAS

f.      Rapat berikutnya adalah Penyeragaman Proses Tugas Akhir di FTI (waktu ditentukan kemudian)

 

 

Monday, 15 February 2021 10:32

Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI)

Diberitahukan kepada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi yang ingin mengikuti Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia tahun ajaran 2021/2022 dapat mendaftar melalui ers.vdms-scholarship.org mulai tanggal 10 Februari s/d 10 Maret 2021.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. 

Tuesday, 02 February 2021 08:37

Beasiswa Bank Indonesia Semester I Tahun 2021

Bank Indonesia kembali akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Andalas Tahun 2021. Kriteria umum mahasiswa penerima beasiswa sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Srata 1 (S1) Semester 3 (telah 40 sks).
  2. Memiliki IPK Minimal 3.00 Skala 4
  3. Maksimal berusia 23 Tahun atau belum berusia 24 Tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga / instansi lain
  5. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak bagi masyarakat (sertifikat)
  6. Setiap mahasiswa menerima beasiswa paling lama hanya 4 (empat) semester sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditentukan 
  7. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generai Baru Indonesia (GenBI) serta berprestasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
  8. Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera) (SKTM).

Adapun syarat yang dikumpulkan ke Jurusan adalah:

  1. Formulir dari Bank Indonesia download disini
  2. Personal resume dan motivation letter dalam Bahasa Indonesia
  3. Surat Rekomendasi dari tokoh akademik/nonakademik
  4. Fotokopi KTP yang masih berlaku
  5. Fotokopi KHS 
  6. Fotokopi halaman pertama buku tabungan yang berisi nomor rekening atas nama mahasiswa ybs.
  7. Surat Keterangan tidak mampu dari Lurah/Wali Nagari

Berkas di kumpul ke Jurusan paling lambat tanggal 5 Februari 2021

Padang – Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengadakan rapat kurikulum pada Hari Kamis (28/1) mulai pukul 08.00 s/d 10.30 WIB via Zoom Meeting. Rapat kurikulum ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan serta Dosen dilingkungan Fakultas Teknologi Informasi.

Tujuan diadakan Rapat kurikulum ini adalah evaluasi kurikulum yang telah berjalan dan yang akan dijalankan untuk periode tahun 2020 – 2024.

Pembahasan dalam rapat kurikulum yang diadakan ini bahwa kedua Jurusan telah melakukan beberapa pencapaian, diantaranya :

  1.      Jurusan Teknik Komputer sudah berhasil menetapkan Profil Profesional Mandiri (PPM), Capaian Pembelajaran,   dan telah melakukan diskusi dengan advertising board.
  2.           Sementara itu Jurusan Sistem Informasi juga sudah berhasil menetapkan Profil Profesional Mandiri (PPM), Capaian Pembelajaran dari APTIKOM.2. 

Semoga dengan diadakannya rapat kurikulum ini diharapkan evaluasi kurikulum yang telah berjalan dan yang akan dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. 

Sehubungan dengan pelaksanaan Wisuda I Tahun 2021 dalam masa Pandemi Covid-19, bersama ini disampaikan pelaksanaan dan persyaratan wisuda sebagai berikut: 

A.        Pelaksanaan

1.   Penyelenggaraan Wisuda I Program Diploma Tiga, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister,  dan   Doktor dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2021  di tingkat Universitas

2.     Prosesi Wisuda dilaksanakan secara online sama seperti Wisuda II, III dan IV Tahun 2020.

B.     Persyaratan Wisuda

1.      Mahasiswa yarg berhak mengikuti Wisuda I Tahun 2021 adalah:

a.       yang sudah dinyatakan lulus secara akademik dan memenuhi persyaratan lainnya.

b.      berstatus aktif/terdaftar sampai pada semester terakhir ketika dinyatakan lulus.

c.       tidak memiliki tunggakan UKT, biaya-biaya lain, dan tanggungan persyaratan akademik lainnya.

d.      belum pernah diwisuda (belum pernah terbit ijazahnya) pada periode sebelumnya.

2.      Selama Pandemi Covid-19 peserta wisuda dibebaskan biaya pendaftaran (bagi yang terlanjur membayar akan dikembalikan) 

3.      Persyaratan pendaftaran wisuda ke Fakultas mencakup :

1.     Surat Keterangan Bebas Laboratorium dan Pustaka Jurusan masing-masing, diserahkan secepatnya agar bisa terdaftar secara   online

2.     Untuk calon wisudawan I Tahun 2021 yang sudah didaftarkan oleh admin fakultas silahkan memverifikasi data di laman        wisuda.unand.ac.id dengan username dan password portal akademik masing-masing.

3.     Untuk berkas wisuda yang dikumpulkan ke Fakultas setelah verifikasi data online sebagai berikut :

a.     Surat Pernyataan bermaterai sebanyak 1 rangkap

b.     Draft Ijazah sebanyak 1 rangkap

c.     Foto Warna ukuran 4 x 6 dan 3x 4 sebanyak 2 lembar

Berkas dikumpul paling lambat tanggal 22 Februari 2021 dan softcopy berkas dalam format pdf dikirim via email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

4.     Syarat Pengambilan Ijazah sebagai berikut :

a.     Surat Keterangan Pengambilan Ijazah dapat di download disini 

b.     Kliring Keuangan / Surat keterangan Bebas Biaya UKT

c.     Kliring Pustaka Pusat / Surat keterangan bebas biaya Pustaka

C.     Pendaftaran Wisuda

Seluruh calon peserta Wisuda IV Tahun 2020 melakukan registrasi secara online melalui laman http://wisuda.unand.ac.id sampai tanggal 19 Februari 2021 pukul 23.55 WIB.

 

Padang – Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengadakan acara sosialisasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Belajar (MBKM) yang diselenggarakan oleh UPT MBKM pada Hari Rabu (20/1) via Zoom Meeting.

Acara sosialisasi ini dibagi menjadi 2 sesi, sebagai berikut :

  • Sesi pertama jam 13.30 – 15.40 WIB diadakan untuk Dosen dengan Narasumbernya Dr. Jonrinaldi dan Dr. Harmadi yang dihadiri peserta sebanyak 25 orang.
  • Sementara untuk sesi kedua yang dimulai pukul 16.00 – 17.30 WIB dihadiri sebanyak 72 orang mahasiswa dengan narasumber Dr. Tesri Maideliza dan Dr. Jonrinaldi

Semoga dengan diadakannya sosialisasi program merdeka belajar – kampus merdeka (MBKM) ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dosen maupun mahasiswa.

 

Padang - Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengadakan acara pertemuan orang tua mahasiswa angkatan 2014, 2017 dan 2019 pada Sabtu (16/1) melalui aplikasi zoom. Acara ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kajur, Sekjur, KaProdi, Kabag, Kasubag beserta orang tua/wali dan juga mahasiswa yang bersangkutan.  

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, MT, menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang telah hadir pada pertemuan ini, “semoga dengan diadakannya pertemuan ini anak-anak Bapak/Ibu tidak termasuk ke dalam mahasiswa kategori DO tahun ini” ujar Dekan.

Lebih lanjut dekan juga menyampaikan kepada orang tua mahasiswa untuk tidak sungkan menghubungi beliau terkait permasalahan yang dihadapi anak-anak Bapak/Ibu selama ini agar bisa dicarikan solusinya.  

Acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Wakil dekan I terkait Peraturan Akademik nomor 14 tahun 2020 salah satunya tentang pasal 16 tentang Evaluasi Kemajuan Belajar Mahasiswa, dimana ada 3 (tiga) tahap evaluasi terhadap kelangsungan studi mahasiswa, yaitu:

  1. Sampai 4 (empat) semester efektif menyelesaikan beban belajar kurang dari 40 sks atau IPK kurang dari 2,00 (dua koma nol)
  2. Sampai 8 (delapan) semester efektif menyelesaikan beban belajar kurang dari 88 sks atau IPK kurang dari 2,50 (dua koma lima nol)
  3. Sampai akhir semester 14 (empat belas) tidak menyelesaikan beban belajar sesuai kurikulum, memiliki nilai D, atau IPK kurang dari 2,50 (dua koma lima nol) 

“Untuk menghindari sanksi DO, Agar dosen pembimbing akademik (PA)  bisa mengarahkan pilihan mahasiswa dalam pengisian KRS serta Kajur/Sekjur bisa memberikan solusi-solusi apa saja yang bisa diberikan terhadap mahasiswa yang termasuk dalam kategori evaluasi DO ini”. Terang Wakil Dekan I

Sebelum acara berakhir, dibuka sesi pertanyaan bagi orang tua mahasiswa yang ingin bertanya kepada Bapak Dekan, lalu foto bersama dan acara dilanjutkan per masing-masing Jurusan. Dimana Jurusan Teknik Komputer dan Jurusan Sistem Informasi akan dihadiri oleh orang tua/wali mahasiswa perjurusan tersebut.